MOBILE UI/UX COMPETITION

IFEST #13 : HEROES OF INNOVATION

MOBILE UI/UX COMPETITION

“Building a Digital Approach to Mental Wellness”

Subtema ini berfokus kepada desain platform Kesehatan Mental yang mampu menjadikan pengalaman penggunanya menjadi lebih berkesan. Desain aplikasi harus transformatif, unik, dan berbeda dari yang sudah ada. Perlombaan ini mengajak para siswa/i untuk membuat desain platform Kesehatan Mental berbentuk aplikasi handphone yang menarik.

ABOUT MOBILE UI/UX COMPETITION

Mobile UI/UX Competition merupakan sebuah kompetisi / perlombaan untuk menampilkan sebuah desain visual / interface dari sebuah aplikasi mobile. Perlombaan ini juga merupakan bagian dari rangkaian acara pada kegiatan Informatics Festival (IFest) #13 dengan tema “Heroes of Innovation: Empowering Change in a Dynamic World”. Tujuan utama dari MUC itu sendiri merupakan sebagai wadah para siswa/i untuk menuangkan ide - ide mereka dalam interface aplikasi mobile dari portal siswa/i yang diharapkan dapat membantu mereka sendiri.
Tema Mobile UI/UX Competition 2025 ini adalah “Heroes of Innovation: Empowering Change in a Dynamic World” dengan subtema yang diangkat adalah “Building a Digital Approach to Mental Wellness”, perlombaan ini juga akan dibagi menjadi dua tahap yaitu tahap seleksi dan tahap final. Tahap seleksi akan diambil 10 (sepuluh) tim yang berhak untuk menuju ke tahap final, dan 10 (sepuluh) tim tersebut akan mempresentasikan apa yang telah mereka buat pada tahap final.

MUC

MUC

MUC

MUC

MUC

MUC

MUC

MUC

MUC

MUC

IFEST #13 : HEROES OF INNOVATION

KETENTUAN DAN SYARAT MOBILE UI/UX COMPETITION

Berikut ketentuan umum dan ketentuan karya untuk lomba mobile UI/UX Competition

KETENTUAN UMUM

  • 1. Peserta adalah Siswa /i tingkat SMA /SMK /Sederajat dari Seluruh Indonesia.
  • 2. Peserta lomba adalah satu tim yang terdiri dari minimal 1 (satu) orang dan maksimal 2 (dua) orang.
  • 3. Tim yang terdiri dari 2 (dua) orang peserta harus berasal dari SMA/SMK/MA/Sederajat yang sama.
  • 4. Tidak diperkenankan ada peserta yang terdaftar dalam dua tim atau lebih yang berbeda.
  • 5. Melakukan pendaftaran online melalui https://bit.ly/Pendaftaran--MUC2025, pendaftaran dibuka mulai Kamis, 6 Februari 2025 hingga Jumat, 28 Februari 2025 pukul 23.59 WIB.
  • 6. Melampirkan scan/foto Kartu Pelajar, Surat Persetujuan Sekolah, dan Bukti Pembayaran pada formulir pendaftaran.
  • 7. Peserta membayar biaya pendaftaran sebesar Rp100.000,00 melalui:
    Nama: Alexander Wongso,
    Bank: BCA,
    No Rekening: 8305549980.
  • 8. Batas pembayaran dan pengumpulan karya: Jumat, 28 Februari 2025 pukul 23.59 WIB.
  • 9. Semua peserta yang mengirimkan karya akan mendapatkan e-certificate.
  • 10. Peserta yang mendaftar tetapi tidak mengumpulkan karya setelah batas waktu dianggap mengundurkan diri.
  • 11. Panitia berhak mengeliminasi peserta yang tidak mematuhi ketentuan di atas.
  • 12. Setiap peserta Mobile UI/UX Competition (MUC) 2025 wajib membaca, memahami, dan mengikuti syarat dan ketentuan dalam rulebook.

KETENTUAN KARYA

  • 1. Karya desain berupa desain mobile app.
  • 2. Peserta dibebaskan menggunakan software apapun dalam pembuatan desain.
  • 3. Hasil karya harus sesuai dengan tema MUC 2025.
  • 4. Mobile UI/UX mengandung konten sesuai tema, diantaranya mencakup:
    1. Profile User
      Berisikan informasi pribadi pengguna yang digunakan untuk keperluan platform Mentah Health.
    2. Fitur Login
      Berisikan fitur untuk menginput informasi pribadi pengguna di sebuah akun untuk menyimpan data. Login dimaksudkan untuk mengatur proses identifikasi pengguna agar pengguna dapat mengakses sebuah sistem.
    3. Fitur Pelacakan Suasana hati
      Fitur ini berfungsi untuk mengetahui catatan harian pengguna terkait mood/suasana hari dengan analisis grafik perubahan emosional.
    4. Fitur Meditasi Terpadu
      Fitur ini bertujuan memberikan waktu pengguna untuk sesi meditasi fleksibel untuk relaksasi, fokus, dan pengelolaan stres yang bertujuan untuk mengontrol Mental Health pengguna.
    5. Fitur Saran Manajemen Stress
      Fitur ini bertujuan untuk Manajemen Stress Pengguna dengan memberikan saran olahraga, makanan sehat, dan pola hidup yang sehat.
    6. Fitur Target Kesehatan Mental
      Fitur ini berfungsi untuk memberikan target kesehatan mental yang harus dicapai oleh pengguna yang telah diukur dari pola hidup dan ukuran stres pengguna.

    Note : Selain daripada fitur diatas, peserta diperbolehkan untuk menambahkan fitur tambahan yang berkaitan dengan tema agar mendapatkan nilai plus.

  • 5. Bahasa utama yang digunakan dalam pembuatan desain aplikasi mobile adalah Bahasa Indonesia dan diperbolehkan menggunakan istilah dalam bahasa asing.
  • 6. Desain aplikasi mobile dilarang mengandung unsur SARA, kekerasan, pornografi, dan melanggar UU yang berlaku.
  • 7. Desain aplikasi mobile yang diperlombakan menjadi hak panitia
  • 8. Panitia MUC 2025 berhak mendiskualifikasi peserta jika diketahui Hak Atas Kekayaan Intelektualnya diragukan, sedang dalam sengketa, mengambil karya orang lain, atau mendapat klaim dari pihak lain
  • 9. Keputusan panitia bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
  • 10. Penilaian karya didasarkan pada kriteria berikut.
    1. Babak Penyisihan
     a. Tampilan Layout/Antarmuka (30%)
    Memperhatikan tampilan antarmuka desain aplikasi mobile dengan struktur yang tepat. Hal ini berkaitan dengan estetika user interface dan konsistensi komponen desain.

     b. Tema dan Brand Guidelines (40%)
    Desain aplikasi yang didesain berkaitan dengan tema yang telah ditentukan.

     c. Skenario Penggunaan (30%)
    Memperhatikan penguraian peserta dalam bagaimana menyampaikan deskripsi fungsi penjelasan tekstual yang menyajikan sudut pandang pengguna

    2. Babak Final
     a. Demo Prototype (30%)
    Finalis melakukan demonstrasi karya/prototype keseluruhan desain high fidelity mockup yang telah dibuat dihadapan dewan juri

     b. Presentasi (50%)
    Penjelasan peserta mengenai karya kepada dewan juri

     c. Tanya Jawab (20%)
    Finalis menjawab pertanyaan dari dewan juri mengenai hasil karya dengan baik dan sesuai konteks

Poster Daftar Rulebook

IFEST #13 : HEROES OF INNOVATION

TIMELINE MOBILE UI/UX COMPETITION

Berikut Timeline untuk lomba Mobile UI/UX (MUC)

6 Feb - 28 Feb 2025

Link Pendaftaran MUC

PENDAFTARAN

6 Feb - 28 Feb 2025

Google Form

PENGUMPULAN
KARYA

5 Mar - 13 Mar 2025

Online

PENJURIAN &
PENILAIAN

15 Mar 2025

@ifest_uajy

PENGUMUMAN
FINALIS

15 Mar 2025

Zoom Meeting

TECHNICAL
MEETING

21 Mar 2025

Lobby Utama Kampus 3 Gedung Santo Bonaventura Universitas Atma Jaya Yogyakarta

PRESENTASI
FINALIS

IFEST #13 : HEROES OF INNOVATION

PRIZEPOOL

Total hadiah Rp9.500.000,00

FIRST

Rp4.000.000,00

Sertifikat Nasional dan Trophy

SECOND

Rp3.000.000,00

Sertifikat Nasional dan Trophy

THIRD

Rp2.000.000,00

Sertifikat Nasional dan Trophy

Juara Favorit

Rp500.000,00

Sertifikat Nasional dan Trophy

IFEST #13 : HEROES OF INNOVATION

TERTARIK? AYO SEGERA DAFTAR!

Apakah kamu siap menghadapi tantangan di dunia teknologi informasi? Ayo, jangan lewatkan kesempatan untuk menunjukkan kreativitas dan keahlianmu di IFEST #13! 🌐

Daftar

IFEST #13 : HEROES OF INNOVATION

CONTACT PERSON

Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut atau membutuhkan bantuan terkait Mobile UI/UX Competition IFEST #13, jangan ragu untuk menghubungi kami!!

The premier annual IT event hosted by HIMAFORKA UAJY. Brings together technology enthusiasts for a week of innovation, competition, and collaboration.


EVENTS



SOCIAL MEDIA



© 2025 IFEST #13 UAJY. All rights reserved.
Organized by WD IFEST #13